pengen nanya, kenapa ga boleh langsung matiin motor kalo kipas radiator masih nyala?

Banyak motor motor beradiator yang diproduksi oleh atpm di indonesia. Seperti ninja, cbr, vixion, vario, cs1, pcx dan lain-lain.

Cuma saya pengen nanya nih, waktu saya lagi manasin mobil kan kipas radiatornya nyala pas saya matiin di kasih tau sama tetangga kalo pas kipasnya nyala ga boleh langsung dimatiin….terus saya nanya, berlaku juga ga tuh di motor, ternyata berlaku juga cuma kalo motor bisa di cut engine.Terus di blognya yvc-f yg ngebahas tentang aho wanna be gitu juga bro….

Kenapa sih kita ga boleh matiin motor pas kipas radiatornya nyala?

About these ads

Tentang vixionr15 (ˆ⌣ˆ‎​​​​)┌П┐,

mahasiswa IT yang kesehariannya naik KRL bojonggede-pondok cina
Tulisan ini dipublikasikan di honda, kawasaki, otomotif, yamaha dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

25 Balasan ke pengen nanya, kenapa ga boleh langsung matiin motor kalo kipas radiator masih nyala?

  1. Taufik berkata:

    ninja, vixi saya matiin aja mas walau kipasnya nyala . .. jadi nggak boleh tho?

  2. Hourex150L berkata:

    tanda mesin masih terlalu Panas Paling Bro..

    PISS..

  3. shogun lum punya radiator

  4. demungan berkata:

    Hoax tuh. Ga ngaruh apa2 kaleeee. Parah yang nyebar isyu.

  5. NanaRedPr☺ berkata:

    byar aki gak cepet tekor kalee
    SALAM KARET BUNDAR™

  6. a.s berkata:

    tandanya air yg bersikulasi masih overheat. Kalau langsung di matiin kan ga bisa di dinginkan sama kipas. Lebih baik di idle dulu sampe ga overheat.

    • demungan berkata:

      Lho emangnya klo di vixi saat kipas aktif kontak di matiin kipas ikut mati? Setau ane klo ada mesin yang udah pke radiator elektrik kipas nggak ikut kontak, tapi ikut termostat. Pasokan listriknya langsung gak ikut kontak.

  7. TreeSanjaya berkata:

    matiin aja broo .. Asalkan SUHU DI TEMPAT PARKIR motor bro suhunya tidak PANAS . ( minimal tempat teduh )

  8. triclaksono berkata:

    kalo kipas projektor iya, sebelum lampunya dingin, jangan dimatikan kipasnya (dicabut arus listriknya) :)

  9. Virus berkata:

    dimatikan aja aman kok, nama ny panas mesin yg disalurkan didalam radiator ya wajar ketika suhu tinggi kipas radiator auto nyala…nah ketika udah sampe tempat tujuan kan mesin udah gk beban lg…walau kipas masih muter pertanda suhu mesin msih tinggi…matiin aja seiring waktu saat berhenti kan suhu mesin turun normal…

  10. cahayasubbuh berkata:

    setau saya sih kipas radiator itu fungsinya meminimalisir panas mesin (meskipun ngga mendinginkan total)..
    CMIIW..

    saya juga kalo lagi riding jauh pake vixion kipas radiatornya nyala. di biarin aja, paling lama 2 menit. mesin jd dingin lg ± stngah jam..

    kadang juga langsung di matiin.. tapi ga ada pengaruh apa2 ko’,, cuma mesin dingin’nya ±1jam..

    sumber: prngalaman sendiri

  11. BheZo berkata:

    motor vixi tidak boleh langsung dimatikan pada saat kipas radiator sedang berjalan karena ………
    vixion sudah memiliki sensor suhu yg diatur oleh termostat dan lari ke ECU ( electronic control unit ) nah pada initinya bila langsung dimatikan begitu saja maka sensor yg sedang bekerja tiba” mati dan akan merusak sensor kipas bahkan sensor di ECU juga…

    contoh saja pada komputer.. bila sedang nyala kita harus shutdown dulu bukan ?? tidak langsung di matikan atau dicabut.. bila komputer sedang menyala tiba” dimatikan listrik maka akan merusak mainboard atau hardisk.

    prinsipnya seperti gitu..

    nah pada vixi.. kerusakan sensor ini biasanya 25 % bila dimatikan secara mendadak… jadi bila agan” semua kipas sedang berputar dan langsung mematikan maka saya rasa aman” saja :D
    lebih baik si didiamkan saja sampai suhu normal terbaca oleh sensor radiator dan akan mati sendiri secara baik. lalu deh matikan motor :D

  12. ryan berkata:

    ada yg tau radiator vixion mati total?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s